Kamis, 15 Februari 2018

Blackburn Skua / Roc V.II - Norwegia

Blackburn Skua / Roc V.II - Norwegia
---
Blackburn Skua / Roc V.II - Norwegia
Begitu evakuasi selesai, semua Skuas berkumpul di atas kapal HMS Ark Royal yang kembali ke Scapa Flow untuk kembali mempersenjatai dan memasok ulang. Pada tanggal 4 Mei, Ark Royal berlayar lagi dengan 800, 801 dan 803 Skuadron di atas kapal, semuanya dilengkapi dengan Skuas, Roc ditarik karena kinerjanya yang buruk. Cuaca buruk menunda operasi udara dan Skua kembali menyerang pembom Jerman. Sementara itu, 806 Skuadron dipindahkan ke Hatston dari tempat ia mulai beroperasi di atas Norwegia melawan pelayaran Jerman. Pada tanggal 10 Mei, invasi Jerman ke Negara-negara Rendah mengurangi minat untuk teater Norwegia, terutama untuk RAF. Tapi Skuas Armada Air Arm terus memberi tekanan pada pasukan Jerman di Norwegia dan untuk mendukung kantong perlawanan. Intensitas pertarungan menurun tapi Skuas terus menyerang Bergen.
-
Antara tanggal 10 April dan 10 Mei, FAA kehilangan 17 Skuas. 8 dari ini namun hilang dari masalah mekanis atau kehabisan bahan bakar. Karena kapal induk Inggris beroperasi jauh dari daratan Norwegia, Skua tidak dapat kembali beroperasi setelah melakukan patroli panjang. Skua bagaimanapun dikreditkan dengan penghancuran 42 pesawat Jerman, semua pembom atau kapal terbang, 22 di antaranya hancur di tanah. Pesawat tersebut juga menghasilkan ace pertama FAA; Letnan Lucy yang menembak jatuh 6 pesawat selama kampanye berlangsung. Harus dikatakan bahwa skor ini mengecewakan mengingat jumlah pertemuan antara pembalap Skua dan Jerman. Jika lebih bersenjata, lebih banyak lagi yang bisa membunuh. Sebenarnya, banyak Skuas menghentikan pertunangan setelah mengosongkan majalah mereka dengan bom tanpa menghancurkannya.
-
Operasi melawan Bergen berlanjut di mana depot bahan bakar hancur oleh Skua. Pada tanggal 21 Mei, keputusan untuk meninggalkan Norwegia diambil. Ark Royal dan 24 Skuas-nya mengantar pasukan mengangkut dan melindungi evakuasi Narvik yang selesai pada tanggal 8 Juni. Antara tanggal 10 Mei dan 8 Juni, hanya dua Skuas yang hilang karena penghancuran 7 pesawat Jerman.

Operasi terakhir Skua di Norwegia bertentangan dengan kapal perang Jerman Scharnhorst. Yang kemudian rusak oleh torpedo dari perusak HMS Acasta dan mencari perlindungan di Trondheim. Pada tanggal 13 Juni, 15 Skuas berangkat dengan membawa 500lb (227kg) bom untuk serangan bencana. Pengawal mereka gagal menemukannya dan serangan preventif dari lapangan terbang Jerman terdekat berakhir dengan buruk. Hanya empat Beaufort yang sampai di lapangan terbang dan tidak melakukan apa-apa selain memaksa Bf 109 dan Bf 110 untuk lepas landas. Sementara pejuang Jerman berusaha untuk mencegat Beauforts, mereka sengaja menemukan Skuas yang akan memulai menyelam mereka di atas Scharnhorst. Terganggu oleh pejuang Jerman dan oleh Flak yang berat, keakuratan Skuas buruk dan satu bom menemukan target sebelum terpental pada armor perang dan gagal menimbulkan kerusakan. Hanya 7 Skuas yang berhasil kembali ke rumah setelah kabur ke dalam kabut, mengakhiri kampanye Norwegia dengan buruk untuk pesawat terbang.
-
Operasi udara di Norwegia menunjukkan kekurangan Skua. Itu benar-benar kalah melawan pejuang dan terlalu lamban dan terlalu ringan bersenjata melawan pembom. Sayangnya, selama musim panas 1940 ini, FAA tidak ada yang lebih baik. Fairey Fulmar, pesawat yang lebih modern, akan memasuki layanan namun sementara itu Skua harus terus melayani dan menanggung beban perang, bahkan jika Skuadron telah habis oleh pertempuran di Norwegia.
-
# ww2 #wwii #worldwarii # worldwar2 #worldwar #royalnavy #fleetairarm #faa #blackburn #skua #blackburnskua #aircraft #bomber #aviation #navy #British #aviationhistory #history #military #militaryhistory #war #Norwegiancampaign #Scharnhorst


Tidak ada komentar:

Posting Komentar